Ilustrasi kosmetik

Biaya yang Diperlukan untuk Jasa Maklon Kosmetik BPOM

Walaupun biaya membuka bisnis kosmetik dengan jasa maklon kosmetik BPOM jauh lebih murah daripada tidak menggunakan jasa maklon. Tetap saja ada beberapa dana dan biaya yang harus anda siapkan agar produk anda dapat berjalan dengan lancar. Terutama untuk mengurus aspek administrasi produk sebelum produk digunakan . Biaya apa saja yang diperlukan untuk membuka bisnis kosmetik dengan jasa maklon kosmetik?. Berikut ini adalah ulasannya. 

  1. Pendaftaran Nomor BPOM 

Sebelum produk rancanganmu dipasarkan bahkan sebelum diproduksi, produk harus tetap memiliki izin edar. Di Indonesia sendiri, izin edar tersebut dilegalkan dengan adanya nomor BPOM.  Mendaftarkan merek  dan mendapatkan nomor BPOM  ini tentunya  anda akan memerlukan dana dan mengurus beberapa biaya di awal. 

  1. Pembuatan Sampel 

Biaya yang diperlukan untuk jasa maklon kosmetik BPOM yang kedua ini masih berhubungan dengan biaya yang pertama. Untuk mendaftarkan nomor BPOM anda harus mengirimkan sampel produk yang nantinya akan melalui uji dan tes di badan BPOM. Karena itu anda harus menyiapkan dana untuk pembuatan sampel produk ini.  Sample akan dibuat oleh perusahaan jasa maklon yang bekerjasama dengan anda.

Selain itu sampel produk juga berfungsi sebagai contoh ketika anda ingin menawarkan produk anda kepada investor tertentu. Dengan melihat contoh produknya anda akan lebih mudah mendapatkan kepercayaan investor atau penyokong dana yang lain. 

  1. Sertifikasi Halal pada Produk 

Di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk beragama muslim terbesar di dunia. Tentu saja, sertifikasi halal pada produk kosmetik sangat diperlukan. Hal ini agar produk kosmetik anda mendapatkan kepercayaan dari para pelanggan yang beragama islam. Para pelangganpun akan merasa lebih aman dan nyaman dalam menggunakan produk anda ketika sudah ada sertifikasi halalnya. 

  1. Pengujian Laboratorium 

Untuk produk seperti kosmetik yang memuat bahan-bahan kimia dan digunakan langsung pada tubuh khususnya kulit manusia. Pastinya memerlukan uji laboratorium untuk memastikan keamanan produk. Uji laboratorium ini harus dilakukan oleh pihak ketiga. Tidak berasal dari jasa maklon atau perusahaannya. Agar penguji dapat lebih profesional di bidangnya. Sehingga anda harus mengeluarkan dana lagi untuk mendapatkan hasil laboratoriumnya. 

Itulah biaya-biaya yang harus dikeluarkan jika anda ingin menggunakan jasa maklon kosmetik BPOM. Walaupun begitu jika dibandingkan dengan membuka bisnis tanpa jasa maklon, biaya-biaya tersebut masih terbilang murah. Biasanya nomor 1 dan nomor 2 harus diurus lebih dahulu sebelum produk jadi. Sedangkan biaya nomor 3 dan 4 bisa diurus setelah produk jadi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *