Ilustrasi genteng

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Genteng Metal Pasir Sebelum Beli

Genteng metal pasir dipandang lebih baik dibandingkan jenis genteng lainnya. Apakah ini benar? Tentu saja tidak! Genteng ini memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jika ingin Anda ingin gunakan genteng ini untuk rumah Anda, pastikan ketahui dulu sisi baik dan buruknya terlebih dahulu! Ketahui juga ukuran genteng metal pasir yang tepat!

Kelebihan Genteng Metal Pasir

Genteng metal pasir berkualitas adalah kunci atap yang menarik dan kuat. Hal ini hanya bisa diwujudkan berkat kelebihannya berikut ini:

Lebih Kuat Dibanding Genteng Tanah Liat

Sebagai genteng metal, kekuatannya tentu lebih tinggi dibandingkan genteng tanah liat. Untuk kebutuhan rumah modern seperti di perumahan, genteng metal berpasir ini jauh lebih baik kualitasnya.

Mampu Menyerap Cahaya Matahari Lebih Baik

Kelebihan genteng metal pasir yang lain adalah kemampuannya menyerap cahaya. Dibandingkan genteng metal lain yang mengkilat, genteng berpasir mampu menyerap cahaya. Untuk mengurangi penyebaran panas dan refleksi ke gedung – gedung sekitar yang lebih tinggi, genteng berpasir ini jauh lebih baik digunakan.

Lebih Tebal Dibanding Genteng Metal Biasa

Genteng metal pasir memiliki ketebalan lebih besar dibandingkan genteng metal biasa. Hal ini karena ada lempengan permukaan berpasirnya. Karena menggunakan lapisan – lapisan berbeda, tidak aneh jika materialnya lebih banyak dan lebih tebal.

Kelemahan Genteng Metal Pasir yang Harus Diperhatikan

Setelah bahasan kelebihan, sekarang waktunya bahas kelemahan genteng metal pasir. Berikut adalah penjelasannya:

Berisik Saat Hujan

Sama seperti genteng metal lainnya, suara yang dihasilkan genteng ini bisa sangat berisik. Jika hujan deras, suara denting bisa lantang dan mengganggu. Tentu saja hal ini bisa dihindari dengan menaruh bantalan kedap suara di bagian atap rumah. Tapi tetap saja, Anda harus pertimbangkan kelemahan ini.

Bisa Mengalami Warping di Kondisi Ekstrem

Dalam kondisi cuaca ekstrem, kerusakan bisa terjadi pada genteng metal. Hal ini disebut warping. Kondisi ini lebih sering terjadi jika panas terlalu tinggi dan metal genteng memuai. Jika langsung diguyur air dingin, genteng bisa melengkung karena perubahan suhu yang ekstrem.

Kondisi warping ini tidak akan sebabkan kebocoran pada awalnya. Tapi jika dibiarkan, posisi genteng perlahan akan bergeser dan tidak rata. Jika tidak rapi, air bisa masuk ke sela – sela genteng dan merembes ke bawah atap.

Harga Lebih Mahal

Harga adalah kelemahan terakhir dari genteng ini. Pilihan genteng metal biasa dan genteng tanah liat jauh lebih murah dibanding tipe berpasir ini. Jika Anda dalam budget mepet, tidak disarankan gunakan genteng yang satu ini.

Kesimpulan

Dari bahasan kelebihan dan kelemahan di atas, Anda bisa menimbang sendiri apakah genteng jenis ini memenuhi kebutuhan Anda dibandingkan jenis genteng lainnya. Genteng metal pasir memang lebih baik daripada genteng tanah liat biasa, tapi perbandingannya dengan genteng metal lain hanya sedikit.

Bagi Anda yang butuh genteng kuat tapi berbudget terbatas, tidak perlu memaksakan genteng metal yang berpasir. Cukup pakai yang biasa saja sudah mumpuni dari segi penampilan dan kekuatan atap. Daripada berlebihan pengeluaran, lebih baik fokus ke bagian lain rumah yang mendasar lainnya.

Semoga bahasan perbandingan kelebihan dan kelemahan genteng metal berpasir ini membuka wawasan Anda. Terima kasih sudah baca artikel ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *