Ilustrasi Kredit Kalkulator

Cara Untuk Menghitung Kalkulator Bunga Flat Supaya Menghitung Angsuran Bulanan Yang Tetap

Kalkulator kredit bunga flat merupakan sebuah alat yang akan memudahkan untuk mengetahui berapakah kisaran sebuah angsuran tetap yang perlu kamu keluarkan di setiap bulannya. 

Pada sistem pembayaran angsuran bulanan tetap ini biasanya diterapkan guna melakukan pembayaran untuk beberapa produk keuangan yaitu kredit motor, KTA, KPR, kredit mobil dan kredit usaha. 

Jika kamu memiliki rencana untuk mengajukan pinjaman tunai atau kendaraan ? Mari kita untuk membuat kalkulator kredit berapa angsuran yang harus kamu keluarkan pada tiap bulannya. 

Cara Menghitung Dengan Kalkulator Kredit Bank Bunga Flat 

Menggunakan bunga flat merupakan sebuah metode pembayaran yang akan memudahkan seorang debitur dalam mengatur pengeluaran bulanan. Hal tersebut karena memiliki jumlah yang tetap hingga pada akhir masa pelunasan atau periode yang memang sudah disepakati. 

Karena memiliki angsuran tiap bulannya yang sama, bunga juga sama, cicilan pokok yang sama alias tetap atau flat, maka plafon kredit dan nominal besarnya bunga yang akan dihitung secara proporsional menyesuaikan dengan jangka waktu kreditnya. 

Bunga setiap bulannya akan tetap sama karena bunga dihitung melalui persentase bunga yang dikalikan pada pokok pinjaman yang awal. 

Jadi cara menghitung untuk kalkulator kredit bunga flat sebagai berikut : pembayaran pokok + bunga pada tiap bulannya. Berikut adalah ilustrasinya kamu miliki jumlah pokok hutang Rp 300.000.000 dengan bunga flat sebesar 10% per tahunnya maka setiap bulan bunganya sebesar Rp 7.500.000 maka keseluruhan total yang harus dibayar sebesar Rp 450.000.000-, 

Sedangkan untuk rumus bunga tetapnya :

Bunga setiap bulan = Pinjaman × suku bunga per tahunnya 

Total bunganya : pinjaman x suku bunga per tahunnya x lama pinjam hitungan bulan

Apakah Justru Bunga Flat Memberatkan Debitur  ? 

Bunga flat diterapkan dengan cara mengharuskan seorang debitur untuk melakukan pelunasan angsuran dengan periode yang memang sudah disepakati sebelumnya dengan jumlah pembayaran yang sama pada setiap bulannya. 

Sebenarnya metode ini akan memudahkan debitur dalam mengatur keuangannya yang mana dijadikan sebuah poin keunggulannya. 

Namun jika kita melakukan penjumlahan dengan keseluruhan angsurannya yang harus dibayarkan sampai lunas, bunga flat tentu saja akan memberatkan karena ketentuan pada bunganya berdasarkan kepada pokok pinjamanan awalnya. Pada hal dengan seiringnya waktu utang debitur akan semakin berkurang. 

Jika kamu mau perhitungan bunga yang akan lebih meringankan kamu bisa menggunakan perhitungan bunga efektif yang mana penentuan dalam bunga angsurannya diambil berdasarkan sisa pokok dana pinjaman. 

Nah, itulah cara bagaimana kamu menghitung kalkulator kredit bunga flat yang bisa diterapkan ketika kamu akan mengambil sebuah pinjaman baik itu bank, kredit kendaraan bermotor ataupun kredit KPR. Semoga hal tersebut dapat membantu supaya lebih jelas sebaiknya kamu datang ke tempat bank dimana kamu akan melakukan pinjaman. 

Related Posts

Sorry, no similar posts found.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *