ilustrasi whatsapp

Bedanya WhatsApp API Indonesia dengan WhatsApp Business

Dengan jumlah pengguna Whatsapp atau WA yang telah mencapai hingga 1.5 miliar, membuat WA jadi Messaging App yang paling populer di dunia. Selain WA yang biasa ada juga akun WA bisnis yang dipergunakan untuk kepentingan bisnis. Dalam hal ini adalah WhatsApp for Business, aplikasi gratis yang ditujukan bagi bisnis kecil dan menengah (Small-Medium Enterprise). Selain itu juga ada yang namanya WhatsApp API Indonesia yang ditujukan terutama bagi kalangan bisnis dalam skala menengah dan besar. Keduanya dimaksudkan guna mempermudah pengelolaan pesan dengan para pelanggan dan agar lebih terorganisir. Berikut ini beberapa perbedaannya.

WhatsApp for Business

Akun WhatsApp for Business ini disediakan bagi kalangan bisnis skala menengah kecil. Guna mendapatkannya maka bisa langsung saja secara gratis mendownload aplikasinya melalui berbagai tempat jual aplikasi seperti google play dan lalu install lalu gunakan langsung setelah mendaftar. Berbagai Fitur yang disediakan oleh WhatsApp for Business tersebut antara lain ialah berikut ini.

  1. Quick Reply
  2. Business Profile
  3. Conversation Label
  4. Set away message

Dan lain sebagainya, yang akan mempermudah pemakai kalangan bisnis untuk membalas chat pelanggan seperti misalnya dengan menggunakan Quick Reply serta beberapa fitur Basic Response. Begitu juga bisa memberi label untuk tiap jenis chat yang masuk sesuai dengan kategori tipe atau jenis pelanggannya.

WhatsApp API for Business Solution 

Lalu selain WhatsApp for Business ada juga yang namanya WhatsApp API Indonesia. WhatsApp API (Application Programming Interface) ini merupakan aplikasi WA yang ditujukan bagi kalangan pemakai bisnis menengah dan besar, yang telah memiliki banyak sekali customer yang perlu dilayani dengan melalui pesan chat di akun resmi WA nya. API tersebut ialah serangkaian kode yang mampu digunakan untuk membangun suatu komunikasi serta berinteraksi dengan software lain yang digunakan pada suatu perusahaan, sehingga perusahaan mampu untuk menggunakan program dengan secara terintegrasi dan terkoneksi dengan akun WA API lalu dapat digunakan untuk berinteraksi dengan para konsumen melalui WA API nya. Whatsapp API berbeda dengan Whatsapp Business yang biasa karena WA bisnis tidak dapat melakukan integrasi ataupun dimodifikasi dengan berbagai fitur canggih yang lainnya dengan secara fleksibel. Sedangkan WA API bisa diterapkan pada server lokal dan menyediakan API lokal yang memungkinkan bagi sang pengguna untuk mengirimkan serta menerima pesan dengan secara terprogram. Whatsapp Business API tersebut juga dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem bisnis lainnya yang telah diterapkan di perusahaan sebelumnya yakni seperti sistem CRM (customer relationship management) dan customer service System, juga AI serta sistem analisa dan lain sebagainya.

Sehingga jelas perbedaannya, pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *