pemeriksaan tuba falopi

Pemeriksaan Tuba Falopi Dengan HSG (Histerosalpingografi) Tes Kesuburan

Mempunyai keturunan merupakan impian  suami istri setelah menikah ,   jika sudah satu tahun lebih tidak mempunyai keturunan untuk dianjurkan  tes kesuburan , salah satunya yaitu melakukan pemeriksaan tuba falopi

Metode  Pemeriksaan tuba falopi menggunakan media HSG ( Histerosalpingografi ) apa itu histerosalpingografi adalah  metode pemeriksaan keadaan rahim  menggunakan sinar rontgen sinar (X) metode ini bertujuan mengevaluasi infertilitas dan kelainan tuba , pemeriksaan indikasi apakah adanya riwayat abortus secara dini  atau tidak , metode ini juga memeriksa  adanya penyumbatan pada tuba Falopi yang mengakibatkan sel sperma yang tidak dapat bertemu dengan sel telur didalam rahim sehingga tidak akan terjadinya pembuahan . 

Sebelum kamu melakukan test HSG pastikan kamu dapat memahami gejala-gejala apa saja yang dialami setelah melakukan HSG (histerosalpingografi) , gejala-gejala histerosalpingografi yaitu : 

  • Nyeri perut dan kram hebat 
  • Muntah-muntah 
  • Demam 
  • Sakit kepala 
  • Keluar cairan bau dari vagina

Dari gejala-gejala di atas kamu tidak perlu takut dan khawatir karena dokter pasti memberikan obat antibiotik dan obat lainnya untuk meringankan gejala di atas . 

Metode  Histerosalpingografi juga bisa memberikan tingkat kehamilan yakni sekitar 2 -4 kali lebih tinggi dari sebelum melakukan tes ,sebelum Pemeriksaan kamu harus memperhatikan beberapa hal yaitu tidak dalam keadaan hamil biasanya lebih baik  pemeriksaan menggunakan metode HSG 2-5 hari setelah menstruasi atau terjadinya ovulasi sebelum bulan selanjutnya . 

Sebelum melakukan pemeriksaan tuba falopi sebaiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu  pada dokter  kamu mempunyai riwayat penyakit seperti ginjal, diabetes , pembekuan darah ,alergi terhadap kontras , menderita radang panggul , dan pendarahan vagina . Konsultasikan pada dokter agar saat kamu menjalani  pemeriksaan tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan . 

Promil yang bisa kamu lakukan setelah tes kesuburan yaitu : 

  • Konsumsi makanan yang bergizi kaya vitamin C,E dan asam folat , untuk makanan yang tinggi vitamin C kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan , untuk vitamin E kamu bisa mengkonsumsi makanan seperti biji-bijian , kacang-kacangan , sayuran dan untuk asam folat kamu bisa mengkonsumsi buah sitrus seperti jeruk lemon . 
  • Melakukan hubungan suami istri dalam satu minggu 2-3 kali 
  • Olahraga yang teratur 
  • Istirahat yang cukup 
  • Hindari rasa stres

Meskipun Tes HSG bukan metode penyembuhan tetapi tidak ada salahnya wanita untuk mencoba tes ini untuk memeriksa kondisi kesehatan alat reproduksi, jadi tak ada salahnya jika mencoba tes hsg untuk meningkatkan peluang hamil . 

Semoga bacaan ini dapat menambah pemahaman tentang HSG (histerosonografi ) yang sedang berjuang agar dIkaruniai  buah hati ,Semoga saja cepat dikaruniai buah hati.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *