Ilustrasi bunga deposito bank

Bagaimana Cara Memilih Bank Deposito?

Anda ingin belajar investasi atau ingin memilih produk investasi yang minim resiko? anda bisa memulainya dengan deposito. Deposito adalah salah satu produk bank yang sudah menjadi andalan banyak orang. Selain minim resiko, hasilnya pun cukup menguntungkan. Selain itu, layanan bank deposito juga dapat membantu anda yang memiliki kebiasaan boros karena simpanan jenis ini tidak bisa diambil dengan semena-mena, kecuali sesuai waktu yang sudah ditentukan. Anda juga akan mendapatkan bunga deposito bank

Tips memilih bank untuk deposito 

Jika anda sudah berniat untuk deposito, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih bank deposito agar hasilnya maksimal. 

Bank bereputasi baik 

Tips pertama yaitu, pilihlah bank yang memiliki reputasi baik. Hal ini untuk menjamin uang anda aman. Pastikan bank yang anda pilih sudah sesuai dan memenuhi standar yang ditentukan Bank Indonesia. Jika ingin lebih aman lagi, pertimbangkan bank milik pemerintah atau setidaknya sudah diawasi OJK. Jadi, jangan hanya melihat bunga deposito bank saja. 

Menyesuaikan jangka waktu deposito 

Langkah selanjutnya yaitu anda harus menyesuaikan jangka waktu deposito. Jangka waktu yang ditawarkan beragam, mulai dari 1 bulan, 1 tahun, bahkan 2 tahun. Tentukan waktu yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan begitu, anda pun bisa menerima keuntungan dengan baik. Setelah menentukan waktunya, selanjutnya anda bisa memulai membandingkan bunga bank deposito tertinggi. 

Mempertimbangkan suku bunga bank deposito

Suku bunga deposito juga sangat perlu dipertimbangkan karena hal ini juga menjadi penentu keuntungan anda. Semakin tinggi suku bunga, maka keuntungannya juga semakin besar. Setiap bank sudah pasti memiliki batas maksimal bunga deposito bank. Hal yang perlu anda perhatikan disini adalah jika ada bank yang menawarkan suku bunga lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat bunga LPS (Lembaga Penjaminan Simpanan). 

Mempertimbangkan biaya lainnya 

Berbeda dengan layanan tabungan/simpanan, layanan deposito ini terdapat penalti jika dana diambil sebelum batas waktu yang ditentukan. Setiap bank memiliki peraturan yang berbeda terkait hal ini. Selain memperhatikan jangka waktu tersebut, anda juga perlu mempertimbangkan biaya administrasi lainnya karena deposito merupakan produk bank wajib pajak. 

Fitur lainnya 

Di dalam bank deposito ada fasilitas Automatic Roll Over yang artinya perpanjangan deposito secara otomatis. Jika anda ingin melakukan deposito, pertimbangkan bank yang memiliki fitur ini. Hal ini akan mempermudah transaksi anda. Tidak semua bank memiliki fitur tersebut sehingga hal ini bisa menjadi kemudahan untuk anda. 

Itulah beberapa tips dalam memilih bank deposito. Dengan mengetahui hal-hal di atas, anda tidak akan mudah terjebak pada simpanan investasi yang beresiko sehingga keuntungannya pun tidak sesuai harapan. Maka selain mempertimbangkan bunga deposito bank, hal-hal lainnya seperti pada penjelasan di atas juga perlu dipertimbangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *