Ilustrasi survey

Inilah Prinsip Kerja dari Survey Lidar

Survey Lidar sendiri adalah salah satu metode yang akan memudahkan banyak orang khususnya beberapa orang yang akan membangun sebuah jalan tol. Dengan adanya survey Lidar untuk as built jalan tol ini, maka pengukuran jalan akan dapat dilakukan dengan mudahnya. Semua orang bisa mengukur jalanan dengan cara yang mudah bahkan juga dengan cara yang tepat serta akurat pastinya. 

Mengenal Prinsip Kerja Lidar

Pada umumnya, prinsip kerja Lidar sendiri dianggap menjadi salah satu gelombang laser yang akan memancarkan pulsa sekaligus mampu untuk memindai objek pada permukaan bumi. Kemudian nantinya akan diukur menggunakan objek sampai dapat kembali ke sensor. Nantinya, Survey Lidar ini juga bisa dilakukan untuk menghitung jarak sensor ke objek. Setelah itu, nilai jarak dan juga sudut pancaran akan dikoreksi dengan menggunakan IMU yang dilakukan untuk mendapat koreksi pergerakan wahana. 

Ilustrasi Prinsip Kerja Lidar

Untuk perbedaan waktu pada saat sinar laser dipancarkan dan juga pada saat sinar laser diterima, akan dikonversi menjadi jarak yang lebih terukur. Untuk wahana Lidar ini sendiri nantinya akan dibawa oleh wahana pesawat udara yang dinamakan dengan Airborne Lidar. Akan tetapi, karena biaya sewa yang bisa dibilang cukup mahal, maka dapat dikembangkan dengan wahana pesawa tanpa diharuskan untuk membawa sensor Lidarnya sendiri. 

Untuk output atau data yang dihasilkan dari akuisisi Lidar ini akan dihasilkan dalam bentuk pointcloud. Di mana untuk pointcloud ini sendiri adalah sebuah kumpulan titik yang akan mewakili bentuk maupun fitur tiga dimensi. Di mana sejumlah titik akan menghasilkan koordinat baik X, Y, maupun Z. 

Pemanfaatan Lidar ini memang cukup banyak khususnya digunakan untuk melakukan pemetaan geologi. Bahkan cara ini juga dilakukan untuk mengukur jalan raya. Di mana ada fitur maupun kemudahan seperti GPS yang membuat ukuran akan jauh lebih akurat. 

Biasanya pemetaan terkait Survey Lidar ini juga bisa dilakukan menggunakan perangkat lunak GPS Processing. Tentunya dengan metode ini, maka akan semakin memudahkan siapa pun yang menggunakannya. Metode ini juga akan bergantung pada kondisi permukaan. 

Related Posts

Sorry, no similar posts found.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *