Ilustrasi uang

Pahami Bagaimana Deposito yang Menguntungkan

Produk simpanan menjadi andalan masyarakat dalam perencanaan keuangan masa depannya, salah satunya adalah deposito. Deposito merupakan suatu simpanan yang memiliki risiko rendah dan mempunyai pendapatan per tenor yang cukup tinggi. Terlepas dari itu, deposito memiliki beragam jenis, untuk mendapatkan deposito yang menguntungkan Anda harus jeli dalam memilih jenis produk deposito.

Jenis – Jenis Deposito

Berikut merupakan beberapa jenis deposito yang dapat dipertimbangkan untuk Anda pilih, antara lain:

  1. Deposito On Call

Merupakan deposito dengan bentuk setoran dalam jangka waktu singkat, biasanya dalam rentang periode satu minggu hingga satu bulan. Deposito on call diterbitkan dengan nama pemilik supaya tidak dapat dijual, selain itu pencairan dana pada deposito jenis ini tidak dapat dilakukan secara langsung karena sebelumnya pihak bank harus dikabarkan terlebih dahulu supaya dana yang dibutuhkan dapat cair dengan lancar.

  1. Deposito Berjangka

Deposito ini memiliki rentang waktu 1 hingga 24 bulan serta diterbitkan oleh suatu lembaga atau perorangan, pencairan dana pada deposito jenis ini dapat dilakukan dengan cara pemindahbukuan ataupun secara tunai.

  1. Sertifikat Deposito

Sama halnya dengan jenis yang lain, sertifikat deposito juga memiliki jangka waktu yang berlaku. Pada sertifikat deposito, pencairan bunga dapat dilakukan secara langsung serta sertifikat keterangannya pun dapat diperjualbelikan.

  1. Deposito Automatic Roll Over
    Deposito ini berbentuk simpanan masyarakat. Dana yang ada berasal dari deposito yang telah jatuh tempo atau selesai tepat dalam jangka waktu yang ditentukan atau dengan kata lain bunga deposito yang disimpan di bank belum diambil deposan dikarenakan telah melewati masa perpanjangan tanpa persetujuan deposan sebelumnya. Memilih jenis deposito yang tepat berdasarkan kebutuhan dapat menjadi cara deposito yang menguntungkan bagi Anda.

Deposito yang Menguntungkan

Guna mengetahui apakah suatu investasi memberi keuntungan atau kerugian, maka hasilnya harus dibandingkan dengan tingkat inflasinya, jika hasil investasi tersebut lebih besar atau sama dengan tingkat inflasi maka investasi tersebut dapat dikatakan menguntung namun jika hasilnya lebih kecil maka investasi tersebut tergolong merugikan. Setidaknya terdapat dua jenis nilai tingkat inflasi, yakni tingkat inflasi real dan versi BPS (Badan Pusat Statistika) yang diukur secara berkala, pengukuran ini dihitung berdasarkan perubahan harga bahan pokok tertentu pada kurun waktu yang ditentukan. Untuk mendapatkan deposito yang menguntungkan yang mana nilainya lebih tinggi dari tingkat inflasi maka deposito tersebut perlu dimaksimalkan, salah satunya dengan memilih tenor jangka waktu yang lebih lama. Tak kalah penting, cara deposito yang menguntungkan selanjutnya adalah menjaga deposito agar terus berputar dengan jangan pernah menarik hasilnya agar simpanan Anda terus berkembang.

Nah bagaimana ? Anda mulai tertarik untuk mencoba investasi yang satu ini, untuk mendapatkan deposito yang menguntungkan Anda harus mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang terlebih dahulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *