Ilustrasi konstruksi

Bagaimana Cara Melakukan Perhitungan Dalam Penggunaan Rangka Baja Ringan?

Apakah anda pernah mendengar rangka baja terbaik? Jika belum, mari kita bahas bersama-sama. Pada artikel ini, penulis akan mencoba menjelaskan bahan material yang satu ini, yang cukup popular di kalangan masyarakat. Beberapa waktu ini, rangka baja terbaik menjadi sangat hits karena keunggulannya, sehingga permintaan pesanan pun semakin meningkat. 

Lantas, apa sih rangka baja ringan itu? Rangka baja terbaik merupakan baja yang berbahan dasar carbon steel dan material yang sangat ramah lingkungan. Selain itu, keunggulan bahan material ini adalah tidak mudah berkarat, rusak, maupun merambat cepat panas hingga berpotensi menyebabkan pembesaran api. Tidak seperti besi, rangka baja ringan ini tidak punya susut ataupun nilai muai, sehingga bentuknya tidak akan berubah-ubah ketika terkena panas. 

Harga rangka baja ringan terbaik ini dibanderol beragam sesuai dengan tipe, jenis, dan ukurannya. Dimulai dari Taso, C75, Alfa Prima, BMT, dan sebagainya. Untuk pembelian satuan, rangka baja ringan panjangnya 6m. Tapi, jika anda ingin membeli lebih panjang dan banyak, anda bisa memesan ke toko bangunan material di sekitar anda. Biasanya, anda juga akan ditawarkan dengan paket lain yang menyertakan genteng metal, alumunium foil, maupun nok atap. 

Sekarang mari kita beralih ke pemasangan rangka baja ringan terbaik, dimulai dari atap bangunan. Bagaimana sih sebenarnya rumus dan cara menghitungnya? Mari kita simak bersama! 

Perhitungan Panjang & Luas Rangka Baja Terbaik

Untuk mendapatkan ukuran yang pas dan sesuai di area pemasangan rangka baja ringan terbaik, tentunya kita membutuhkan perhitungan yang tepat. Sama halnya dengan memasang keramik, rangka baja terbaik pun harus disesuaikan bersama dengan ukuran genteng, nok, atau alumunium foil. Secara umum, perhitungan ini menggunakan satuan luas / meter persegi.

Anda bisa memulai untuk menghitung panjang dan lebarnya, kemudian ditambahkan 2 m di setiap sisinya. Jika anda sudah menemukan hasil tersebut, catatlah terlebih dahulu ukuran totalnya. Setelah itu, anda bisa menghitung derajat kemiringan tiap sisi sekitar 35 derajat, karena kebanyakan atap rumah berporos pada titik puncak dan strukturnya berbentuk segitiga. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai rangka baja terbaik yang bisa menjadi alternatif bahan material fondasi pembangunan. Selain harganya yang lebih murah, rangka baja terbaik ini juga mampu membuat struktur fondasi tidak menopang terlalu berat sehingga memungkinkan adanya kerobohan. Dalam penggunaannya, rangka baja terbaik bisa dipabrikasi secara custom, kok, menyesuaikan kebutuhan tipe bangunan yang anda maksudkan. 

Sampai sekian dulu artikel mengenai rangka baja terbaik pada hari ini. Kiranya semua informasi yang dimuat dalam artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk selalu membuat rancangan terlebih dahulu, agar pola baja ringan sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *