Cara Memilih Distributor Bearing SKF

6 Cara untuk tidak membeli bearing SKF palsu di distributor abal-abal

Bearing atau biasa dikenal dengan bantalan. Namun lebih sering disebut sebagai laher. Bearing ini adalah komponen mesin yang berfungsi untuk menjaga poros sehingga bisa selalu berputar pada porosnya. Karena fungsinya yang sangat penting, distributor bearing SKF mulai berkembang di Indonesia. 

Tentang bearing SKF 

Bearing SKF atau Svenska Kullagerfabriken AB merupakan salah satu merek dari bearing paling populer dan terlaris di bidang industri. SKF berasal dari Negara Swedia, yang juga sudah lama memproduksi pelumas dan bearing. Produk bearing SKF juga bervariasi dengan keunggulan yang berbeda-beda. 

Bearing SKF terdiri dari satu unit bantalan. Satu produk sudah termasuk bantalan, pelumas, segel hingga cara mengunci poros. Unit SKF sudah dirancang dengan baik oleh pabriknya. Kemudian, juga dilengkapi bantalan rol. Selain itu, standar dari unik SKF adalah baja. Alasan orang lebih mencari bearing di distributor bearing SKF karena kualitas, awet, desainnya juga unik, bahkan rangkanya juga sudah dikerjakan dengan baik oleh mesin presisinya. 

SKF memproduksi jenis roller bearing dan juga ball bearing. Setiap jenis ini memiliki empat kategori kinerja SKF yaitu: 

  1. SKF Explorer
  2. SKF Standard
  3. SKF Energy Efficient
  4. SKF Super-Precision 

Cara agar terhindar dari penipuan penjualan bearing SKF di pasaran 

Bearing SKF sudah banyak disediakan oleh beberapa distributor bearing SKF, namun semakin meningkat permintaan bearing, terdapat oknum yang memanfaatkan momen. Munculah bearing SKF palsu, pertama kali ditemukan di Tangerang pada tahun 2011. Bahkan bearing palsu dijual dengan harga yang sangat mahal yaitu 5 M, ini tentu akan merugikan produk tersebut. 

Hal ini tentu saja merugikan distributor dan pembeli SKF. Masyarakat awam akan kesulitan untuk membedakan bearing SKF asli dan palsu dikarenakan desainnya sangat mirip. Oleh karena itu, butuh seorang teknisi berpengalaman untuk membedakannya. Selain itu, berang palsu juga memiliki kualitas rendah, meningkatkan risiko kerusakan, bahkan berdampak pada terhentinya sistem produksi. Ini juga memberikan dampak kepada profit perusahaan. 

Meskipun banyak kasus penipuan, anda tetap bisa memperoleh bearing SKF yang asli dari distributor bearing SKF terpercaya. Beberapa hal yang harus dilakukan saat ingin membeli bearing SKF berkualitas, antara lain: 

  1. Pastikan anda membeli di tempat yang sudah banyak direview kualitasnya oleh banyak orang, mintalah testimoni juga agar lebih meyakinkan. Biasanya setiap distributor atau produsen barang, akan menjual produk sesuai minimum pemesanan. 
  2. Jangan pernah tergiur harga murah. Harga akan berbanding dengan kualitas produk. 
  3. Mengecek alamat distributor juga wajib dilakukan. 
  4. Selalu lihat kembali produknya sebelum memutuskan untuk membeli. 
  5. Langsung ke manufaktur atau pabriknya apalagi bearing SKF.
  6. Cari dan bandingkan setiap distributor dari bearing SKF yang ada di internet atau di sekitar anda.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *