ilustrasi semen jakarta

3 Cara Mengetahui Semen dengan Kualitas Terbaik

Bangunan yang kokoh juga bisa ditentukan oleh berbagai hal dan faktor. Namun salah satu faktor penentu kekokohan bangunan berasal dari semen. Tak jarang banyak orang mencari semen Jakarta berkualitas. Jika anda sudah terjun di bidang konstruksi pastinya sudah akrab dengan material satu ini. Memilih semen bangunan memang berbeda seperti memilih keramik yang bisa dilihat dari sekali lihat saja. Untuk mendapatkan semen mana yang terbaik, maka anda harus memperhatikannya lebih jeli sebelum membelinya.

Perhatikan warna dan tekstur semen

Saat anda membeli semen, selalu perhatikan warna dan tekstur dari semen berkualitas. Semen dengan kualitas terbaik memang mempunyai tekstur yang gampang terurai dan tidak mempunyai gumpalan saat memegangnya. Secara visual, bagian permukaannya juga terlihat lembut dan saat disentuh seperti butiran debu. Jika dilihat dari segi warna, semen yang baik mempunyai warna abu-abu kehijauan. Pastikan anda tidak memilih semen dengan warna yang terlalu terang atau tua karena mempunyai kandungan MgO yang sangat tinggi yang bisa menyebabkan bangunan gampang retak.

Pilih semen dengan usia yang masih baru

Hal lain yang harus anda perhatikan saat membeli semen terbaik adalah semen yang kondisinya masih terbilang baru. Semen berkualitas paling lama disimpan dalam kurun waktu 1 bulan. Anda bisa tanyakan langsung pada pemilik toko bangunan. Anda juga bisa tekan kemasan semen, jika semen mengeras maka usia semen mungkin sudah terlalu lama dan kualitasnya kurang baik.

Pastikan semen sudah sesuai SNI

Tips selanjutnya jika ingin memilih semen Jakarta berkualitas adalah kemasan semen. Semen dengan kualitas baik sudah mempunyai logo SNI yang bisa anda cek pada bagian kemasannya. Logo SNI menunjukkan jika produk ini sudah mengalami proses pengujian baik dari segi kualitas, spesifikasi, dan keamanan.

Nah sebelum anda membeli semen Jakarta, anda pastikan sudah mengetahui ragam jenis semen yang ada di pasaran agar tak salah pilih. Ragam jenis semen di pasaran, seperti PCC, semen putih, dll. Pastikan anda mengetahui jenisnya terlebih dahulu sebelum membeli.

Related Posts

Sorry, no similar posts found.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *